Jumat, 18 April 2014

Anda Pengguna Windows XP ?

Support Windows XP berakhir, Komputer Hang dengan MSE

Windows XP sudah berumur lebih dari 12 tahun, dan sebagaimana sudah diketahui bahwa dukungan (support) untuk Windows XP sendiri sudah berakhir sejak 8 April 2014 yang lalu. Sehingga pengguna Windows XP Original sudah tidak mendapatkan update lagi dari Microsoft, artinya ketika ada celah keamanan, error sistem dan lainnya, Microsoft sudah tidak menyediakan perbaikan lagi. Meskipun begitu, Windows XP masih tetap bisa digunakan seperti biasanya.
Berakhirnya support ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian kita, asalkan komputer masih bisa dipakai dan untuk keamanan bisa menggunakan Antivirus atau program sejenis lainnya. Bagi pengguna Windows XP, tidak sedikit yang menggunakan antivirus buatan Microsoft, yaitu Microsoft Security Essentials (MSE). Tetapi bagi (sebagian) pengguna MSE dan Windows XP mungkin masalah besar mulai terjadi.
mse
Sejak tanggal 16 April 2014 kemarin, banyak komputer yang menggunakan Windows XP mulai sering hang (crash). Pada awalnya banyak yang mengira ada program atau virus yang menyerang komputer, sehingga mereka sempat bersih-bersih program untuk beberapa saat. Tetapi setelah yakin komputer bersih, dan sudah berkali-kali restart, masalah “hang” masih saja terjadi. Bila anda googling, ternyata tidak hanya komputer anda yang mengalami masalah tersebut. Dari 100% pengguna windows XP, 45% diataranya mengalami masalah yang sama.

Mengapa bisa demikian?
Sebenarnya hal itu disebabkan oleh adanya kesalahan program (bugs) di Antivirus Microsoft Security Essentials sejak berakhirnya support Windows XP (mulai pastinya ada yang tanggal 15 atau 16 April). Icon Antivirus MSE awalnya akan berwarna merah dan tidak bisa aktif karena windows XP sudah tidak didukung (supported) oleh Microsoft. MSE akan meminta untuk dijalankan ulang, tetapi ketika dicoba, MSE tetap tidak akan aktif, dan warna merah dengan tanda silang akan tetap muncul. Awalnya hanya muncul pesan atau peringatan, tetapi lama-kelamaan Windows jadi sering hang dan tidak bisa diapa-apakan selain di tekan tombol restart atau dipencet dan tahan power-nya (dimatikan). Tetapi ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kerusakan hardisk.
Sumber masalah sudah ditemukan dan saatnya meng-uninstall MSE dari komputer. Tetapi ternyata uninstall seperti biasa tidak berjalan lancar. Ketika mencoba melakukan uninstall melalui “Add and Remove Programs“, awalnya muncul jendela uninstall, tetapi ketika di klik Next, lagi-lagi komputer “hang“, sehingga harus tekan tombol restart kembali. Berulang kali dicoba lagi, masih tetap “hang”, termasuk dari safe mode juga tidak bisa.

Terus, bagaimana solusinya?
Ada 3 cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah ini.

Cara Pertama
Cara ini intinya kita mematikan service dan aplikasi MSE melalui safe mode, kemudian uninstall melalui mode biasa (normal). Langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk ke Safe Mode, kemudian ketikkan melalui di start menu > Run: msconfig
  • Akan muncul “System Configration Utility“, pilih tab Startup dan hilangkan cek pada “msseces“.
http://ebsoft.web.id/wp-content/uploads/2014/04/mse-startup.jpg
  • Buka tab Services dan hilangkan cek pada kolom service “Microsoft Antimalware Service“.
 http://ebsoft.web.id/wp-content/uploads/2014/04/mse-services.jpg
  • Kemudian klik OK dan komputer akan meminta untuk restart, ikuti perintah untuk merestart komputer.
  • Setelah restart dan komputer masuk ke mode normal (biasa), lakukan uninstallasi MSE melalui control panel > Add and Remove Programs.
Cara Kedua
Cara kedua lebih cepat daripada cara pertama, yaitu intinya menggunakan perintah DOS (Batch Scripting). Tetapi kita tidak perlu mengetikkan perintahnya satu persatu, karena cukup panjang. Unduh (download) saja file ini : mse-removal.zip (1 KB saja), kemudian buka dengan winzip/7zip/winrar dan keluarkan (extract) file di dalamnya yang bernama mse-removal.bat. Selanjutnya restart komputer untuk masuk ke safe mode dan jalankan file tersebut (klik saja 2 kali/double klik). Setelah selesai restart komputer.
Berkas (file) mse-removal.bat ini berisi perintah (script) untuk mematikan service-service MSE dan melakukan auto uninstall berkas-berkas MSE yang ada di komputer, sehingga anda tidak perlu lagi meng-uninstall lagi (jadi mirip seperti langkah pertama tetapi dijadikan perintah DOS).

Cara Ketiga
Cara ini belum saya coba, dan meskipun ada yang sudah mencoba berhasil, tetapi ada juga yang mencoba tapi belum berhasil. Sehingga saya sarankan pilih cara pertama atau kedua. Selain itu, di salah satu forum Microsoft, harus mengunduh berkas yang besarnya sampai 170 MB. Caranya adalah mengunduh (download) Definition update 1.171.64.0 melalui Windows Update Catalog, dan buka unduhan tersebut untuk mendapatkan file yang bernama :
X86-all-am_delta_01c5765ad7d884b780031a7c2f72fc4c30b14094.exe
Selanjutnya install file ini. Dari laporan yang sudah berhasil, update ini akan memperbaiki error MSE sehingga tidak hang lagi.

Bila anda sudah berhasil meng-uninstall MSE dengan menggunakan di antara tiga cara tersebut, jangan lupa mengganti antivirus anda dengan yang lainnya, misalnya Avira, AVG, Avast, BitDefender, Kaspersky, NOD32 atau yang lainnya.
Semoga tulisan ini bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar